Rabu, 17 Februari 2016

Pitados ing Putra Bangsa



"Pitados", pitados merupakan kata yang paling cocok untuk menggambarkan kehidpan saya di SMP Putra Bangsa Klaten . Arti pidatos sendiri diambil dari bahasa jawa yang artinya percaya . Percaya ? ya , saya dan kedua orangtua saya percaya bahwa SMP Putra Bangsa mampu membangun karakter, mental ,dan sikap saya menjadi lebih baik .



Tahun Pertama

SMP Putra Bangsa ......... !!! . Sekolah baru , Teman baru , pengalaman baru , dan perjalan kehidupan baru sebagai siswi SMP . Mungkin aku salah satu anak yang beruntung ,karena aku bisa masuk disekolah impian SMP Putra Bangsa . Meski sekolah ini sekolah baru dan aku jadi angkatan pertama aku dengan mantap dan yakin aku masuk disekolah SMP Putra Bangsa .

Tahun pertama adalah tahun pembiasaan diri , disini aku mulai ditempa menjadi manusia yang memiliki karakter yang baik . Aku termasuk anak yang "sak karepe dewe " atau kata lain sulit diatur , ditahun pertama ini aku sungguh berusaha keras untuk membentuk karakter baru dan membuang karakterku yang "sak karepe dewe".


Ada satu hal yang sangat berkesan di tahun pertama ini . Aku belajar arti hidup dan cinta yang sesungguhanya . Ada seorang temanku sebut saja namanya Anton (nama samaran) . Menurutku Anton   termasuk anak yang cerdas dan riang , namun suatu hari keceriaan dan keriangan diwajahnya sudah tidak tamapk lagi . Anton baru saja kehilangan ibunya , ibunya meninggal akibat infeksi saluran pernapasan . Setelah sekian lama, sifat dan sikap Anton mulai berubah , ia jarang masuk sekolah  dan hidupnya mulai tidak tertata, tampak sekali kekecewaan dan rasa rindu yang mendalam. Sampai pada akhirnya Anoton memutusakan  mengundurkan diri dari sekolah . Dari Anton aku belajar bahwa kasih sayang orangtua itu sangat besar dengan semua kejadian yang menimpa Anton menyadarkan aku untuk lebih patuh dan menghargai orantuakku sleama masih ada .


Tahun kedua

Yuhu ... ,back to school . Asik , tahun kedua di mulai , gak sendiri lagi dong ,sekarang udah punya adek kelas ,hehehe. Guys entah kenapa ya  tahun kedua tu tahun yang menyenangkan  banget , aku udah muali akrab sama temen - temen dan guru - guru kece disini, terus kita juga mulai banyak trip ke berbagai kota di Indonesia  . Dan aku merasa tahun kedua adalah tahun dimana aku mengukir sejarah kemenangan untuk sekolahku Putra Bangsa ....

Di tahun kedua ini aku punya kesempatan untuk belajar diluar sekolah ,seperti pergi ke bandung , yayasan kanker "Rumah Kita" , kerajinan perak  Kotagede , musem Afandi ,pokoke banyak dan seru buaget . 

Oh ya ada satu pengalaman lagi yang paling gak bisa aku lupain . Suatu hari aku di panggil kepala sekolah , kebayang kan gimana takutnya di panggil kepala sekolah ? , aku  berpikir keras apa kesalahan yang udah aku lakuin sampe di panggil kepala sekolah .  Nah, perlahan aku tanya sama kepala sekolahku "saya salah apa ya ". tapi kepala sekolahku cuma senyum dan bilang "engga kok gak salah apa - apa ,sebenernya kalian itu terpilih buat mewakili sekolah ini mengikuti lomba FLS2N di cabang seni tari ." Dan tiba - tiba suasana di situ hening dan aku  tanya sama diriku sendiri "What ? hellow? serius ? Gue ?  njoget ? lomba ? mewakili sekolah ? ga salah ? ". Kece kan guys ? bayangin dalam suatu tim tari yang terdiri dari 5 orang hanya ada satu yang benar- benar penari, yang 4 tu cuma bagaikan pelengkap.

Hampir setiap hari aku dan tim tari latihan , ternyata nari tu gak semudah yang aku bayangin , dan untuk membangun kekompakan tu susah banget .... udah gitu waktu buat latian tu ga banyak , kami cuma punya waktu satu bulan , ya kalo aku penari mungkin mudah untuk menaklukan waktu satu bulan ,tapi aku kan bukan penari , mungkin satu bulan tu cuma bisa ngelenturin badan , terus ngapalin gerakannya kan juga butuh waktu. Tapi aku gak nyerah gitu aja dong. Aku tetep usaha melakukan yang terbaik.

Jeng - jeng  , hari yang tidak dinantikan pun tiba , yaitu hari dimana perlombaan dimulai . Gile... deg degan luar biasa ditambah lagi saat aku tau kalau lawan tariku adalah temen SD ku yang narinya jago dan kece banget dan merka selalu juara . Saat itu aku cuma bilang dalam hati "lawannya aja ga sebanding , harus aku berharap untuk menang ? " . Tapi saat aku mulai gak yakin dengan diriku sendiri temen - temen yang lain nguatin aku dan yakinin aku kalo tim kami pasti bisa . Saat lomba dimulai aku benar-benar menari pakai hati , ya aku kan emang selalu pake hati ,eh maaf curhat dikit ,balik ke cerita , aku menari fokus banget dan aku percaya aku pasti bisa .

 Habis nari hatiku lega banget dan seneng banget ,tapi hatiku mulai dag dig dug lagi saat nunggu pengumuman lomba . And you know what ? tim aku menang juara satu  FLS2N cabang seni tari dan mewakili kabupaten Klaten ditingkat Provinsi . Kece pecah perasaanku saat itu ,itu  tu jauh diluar dugaan aku  sampe- sampe aku nangis . 

Yap memang sih ditingakat provinsi tim aku belum bisa juara satu , tapi aku dah seneng dan bersyukur banget sama apa yang udah Tuhan kasih ke tim aku , dari pengalaman ini aku belajar banyak . Pengalaman ini menjadikan aku lebih disiplin terutama dalam masalah waktu , dan aku belajar untuk saling menghargai untuk membuat tim aku semakin kompak . Oh ya , untuk tim "Topeng kamadhatu" , thanks untuk pengalaman yang amazing ini ,kalian jangan pernah lupain kenangan ini sampai kapan pun ya ... 


Tahun ketiga

UN telah tiba , UN telah tiba .... huh waktu itu cepet banget ya , gak kerasa sekarang aku udah duduk di grade 9 , itu artinya , tahun ini aku bakal melewati Ujian nasional . Em tapi jujur aja tahun ketiga tu  tahun paling seru banget , dan paling ngangenin sih buat aku  . Aku bahagia banget punya temen- temen yang baik , kece , pinter , genius , iseng , nyebelin, galauan ,baperan , dan apapun itu pokoke aku bahagia banget.

Buat temen- temen , makasih untuk segala waktu yang udah kita lewatin bareng ,sampai kapan pun kalian akan jadi temenku , thanks juga buat kegilaan yang udah kalian ciptain untuk isengin aku , dan makasih untuk segala bentuk pengertian kalian. kalian baik- baik ya di luar sana , tetep jaga komunikasi kita , semoga kita bisa tetep  kompak dan kece pecah kayak gini , tahanks ya...



Nah gimana guys ? kalian tertarik untuk masuk di SMP Putra Bangsa ?  percaya kan kalo PB tu bagus banget ? Pitados ? 
pokoke don't worry , Putra bangsa sudah terpercaya sangat bagus , kalian bakal jadi orang berkarakter baik dan pastinya sukses .


Oke cukup sekian cerita dari aku , selamane aku bakal pitados ing Putra Bangsa ....
Thank you Putra Bangsa  
God Bless You All


1 komentar: